Rabu, 09 Desember 2009

10 Tips untuk Menangani Anak yang Susah Makan

Apakah anak anda hanya mau makan 1 jenis makanan saja ? atau apakah balita anda lebih memilih bermain ketimbang makan ? itulah yang kerap dialami oleh orang tua yang mempunyai anak yang susah makan.
Berikut adalah beberapa tips bagi orang tua untuk menghadapi anak yang susah makan :

1. Perhatikan nafsu makan anak
Anak-anak cenderung untuk makan hanya saat merasa lapar. Jika anak tidak merasa lapar, jangan paksakan untuk makan atau ngemil ataupun menghabiskan makanan yang ada di piringnya.

2. Buatlah rutinitas waktu makan
Makanlah pada waktu yang sama setiap hari. Sediakan susu, jus buah atau makanan kecil setidaknya 1 jam sebelum makan jangan mendekati waktu makan. Bila anak merasa lapar, maka ia akan lebih banyak menghabiskan makanannya.

3. Bersabarlah saat mengenalkan anak dengan makanan yang baru
Anak-anak saat berhadapan dengan makanan baru, seringkali menyentuh atau bahkan mencium kemudian merasakan sedikit makanan tersebut untuk kemudian ditaruh kembali. Anak mungkin memerlukan bujukan yang berulang kali mengenai makanan tersebut, cobalah bujuk anak dengan menceritakan mengenai aroma, warna ataupun bentuk dari makanan tersebut daripada hanya mengatakan rasanya lezat.

4. Buat makanan menjadi menyenangkan
Potong sayuran dan buah menjadi berbagai bentuk dengan menggunakan cetakan kue yang berbentuk binatang lucu ataupun bunga

5. ajaklah anak untuk membantu menyiapkan makanan
Dengan mengajak anak untuk berpartisipasi dalam berbelanja misalnya dengan memilih buah atau sayuran dapat membuat anak menjadi lebih tertarik pada makanan tersebut.

6. Berilah contoh yang baik bagi anak
Jikamenyuruh anak untuk memakan sayuran maka sebaiknya kita pun makan sayuran tersebut. Dengan melihat contoh yang ada maka anak akan meniru kebiasaan tersebut.

7. Pintar-pintarlah untuk mengkreasikan makanan
Untuk anak yang tidak suka makan sayuran atau buah misalnya, dapat dikreasikan dengan menambahkan sayuran tersebut dalam makanan yang disukai anak seperti menambahkan buah kedalam pudding atau menambahkan sayuran dalam cemilan anak.

8. Hindari hal yang dapat mengganggu konsentrasi anak
Matikan TV saat waktu makan, atau jangan letakkan buku atau mainan dekat meja makan sehingga anak terkonsentrasi penuh pada makanannya.

9. Jangan menggunakan makanan manis sebagai hadiah
Menyembunyikan makanan manis dapat membuat anak mengira bahwa makanan tersebut adalah makanan terbaik yang dapat membuat anak menjadi lebih berselera terhadap makanan manis. Berikan makanan manis 2-3 kali seminggu atau gantilah makanan manis tersebut dengan makanan lain seperti buah atau yoghurt.

10. Jangan selalu mengikuti kemauan anak
Apabila anda telah menyiapkan makanan tertentu, kemudian ternyata anak menolaknya, jangan langsung mengganti makanan tersebut karena dapat membuat anak menjadi pemilih terhadap makanannya. Sebaiknya tetap hidangkan makanan tersebut hingga anak menjadi terbiasa dan menginginkannya.
di kutip dari : www.medicastore.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar